Tips Membangun Jejaring Kerja

Mengembangkan jejaring kerja seluas-luasnya adalah hal penting dalam dunia kerja. Dengan mengembangkan jaringan kerja atau networking, kita bukan hanya menambah lingkaran pertemanan saja, tapi juga akan mendapatkan keuntungan lain seperti; mendapatkan kesempatan kerja, meningkatkan karir profesional, mendapatkan proyek sampingan, bahkan peluang pekerjaan baru di kemudian hari.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Zippia  pada pekerja di Amerika, 70% karyawan menerima pekerjaan mereka saat ini melalui koneksi atau networking. Oleh karena itu membangun jejaring kerja atau networking sebanyak mungkin adalah sebuah keniscayaan.

Meski bagi sebagian orang membangun jaringan pertemanan cukup sulit dan melelahkan, tapi dengan menambahkan atau memperluas jaringan pertemanan, bisa dibilang dapat memberikan kesempatan untuk meraih kesuksesan. Riset LinkedIn melansir bahwa sekitar 80% profesional berpendapat bahwa jaringan kerja atau networking adalah faktor penting untuk kesuksesan karir.

Berikut beberapa hal yang bisa membantu kita membangun jejaring kerja:

1. Bergabung dengan organisasi atau komunitas

Cara ini dinilai menjadi salah satu wadah yang efektif untuk mengawali proses dalam membangun jaringan kerja. Karena dalam organisasi atau komunitas kita akan dengan mudah menemukan orang-orang yang menyukai hal yang sama. Dan biasanya para anggota komunitas tidak sungkan untuk membagi informasi terbaru tentang berbagai hal termasuk mengenai dunia kerja.

2. Manfaatkan akun media sosial

Saat ini akun media sosial sudah sangat beragam mulai dari LinkedIn, Facebook, Twitter, Instagram, dll. Kita bisa memanfaatkan akun media sosial untuk membangun relasi yang lebih luas dengan berbagai kelompok profesional dari berbagai latar belakang industri.

Dengan online networking ini, bahkan dapat menjangkau jejaring yang lebih luas dibandingkan dengan tatap muka secara langsung, mulai dari berbagai kota hingga negara. Caranya kita dapat bergabung dengan grup-grup di media sosial yang memiliki bidang dan minat yang sama. Selanjutnya aktif dalam diskusi-diskusi di grup tersebut yang dapat menghubungkan kita dengan orang-orang yang tepat, baik dari latar belakang profesional yang sama maupun yang berbeda.

3. Tidak malu untuk mendekatkan diri dengan rekan di lingkungan kerja

Memiliki hubungan baik dengan rekan kerja dan atasan merupakan salah satu langkah yang tepat dalam membangun jejaring kerja. Merekalah orang-orang yang paling sering bertemu dan bekerja dengan kita. Jangan sungkan mendekatkan diri untuk membina hubungan baik.

Atasan dan rekan kerja merupakan salah satu network yang dapat memberikan dampak positif untuk perkembangan karir, kita bisa mendapatkan masukan atau saran mengenai pekerjaan yang sedang dilakukan saat ini dengan berani bertanya ataupun memberikan solusi atas masalah yang dihadapi.

Posted in Blog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *