Sebagai seorang pekerja kita dituntut memiliki beberapa keterampilan yang perlu dikuasai guna menunjang pekerjaan. Salah satu keterampilan yang dibutuhkan yaitu kemampuan self-management. Self-management atau pengendalina diri adalah kemampuan seseorang dalam mengelola dan mengatur dirinya sendiri secara efektif.
Self-management mencakup kemampuan untuk mengelola waktu, prioritas, emosi, serta tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan. Keterampilan self-management yang kuat juga memungkinkan kita dapat menjalin komunikasi, memecahkan masalah, mengambil keputusan, dan membangun hubungan interpersonal yang baik.
Berikut alasan mengapa self-management penting untuk kita kembangkan di antaranya:
1. Meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja
Kemampuan self-managementbermanfaat untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja. Dengan cara mengalokasikan waktu dengan bijak, menghindari menunda-nunda, dan fokus pada tugas-tugas penting. Tugas dapat selesai sesuai deadline. Waktu kerja pun menjadi lebih efisien. Selain itu, kualitas kerja akan meningkat. Self-management yang baik akan selalu mendorong kita untuk melakukan perbaikan secara berkala.
2. Meningkatkan peluang karir
Selain dapat meningkatkan produktivitas kerja, manajemen diri juga membantu kita bekerja. Hal inilah yang kemudian bermanfaat untuk meningkatkan jenjang karir. Dengan menunjukan sikap profesional, tanggung jawab, dan inisiatif dalam bekerja, ini dapat membangun hubungan baik dengan atasan, rekan kerja, dan klien. Jika hal ini konsisten kita terapkan, reputasi dan kredibilitas diri meningkat, membuka peluang karir yang lebih baik.
3. Meningkatkan keterampilan dan kemandirian
Alasan selanjutnya mengapa self-management dan penting karena dapat meningkatkan kemandirian. Caranya dengan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan diri. Kita dapat menentukan area mana saja yang perlu ditingkatkan dan belajar untuk mengembangkan diri, baik secara formal maupun informal. Dengan demikian, ini meningkatkan kompetensi yang relevan dengan karir yang di jalani. Memudahkan kita untuk beradaptasi dengan perubahan, menyesuaikan diri dengan situasi baru, dan menjadi lebih fleksibel dengan perkembangan dunia kerja.
Kemampuan ini juga memungkinkan kita untuk bekerja secara mandiri dan mengambil inisiatif. Kita menjadi lebih proaktif dan berani mengambil tanggung jawab atas pekerjaan kita. Tidak perlu terus-menerus diawasi atau diarahkan oleh atasan ataupun rekan kerja.
4. Kemampuan menyelesaikan masalah
Ketika kita bisa mengelola diri dengan baik, kita cenderung menjadi lebih tenang dan analitis. Saat dihadapkan pada situasi atau masalah kritis kita dapat memutuskan dan menggali solusi yang efektif dan rasional. Mengetahui hal apa yang harus dilakukan ketika berada dalam kondisi tertentu, adalah salah satu kelebihan dari orang yang sudah memiliki manajemen diri yang baik.
5. Mengelola stres
Kemampuan mengelola diri sendiri juga membuat kita mampu mengelola emosi dengan baik. seseorang yang mampu mengendalikan emosinya cenderung lebih baik dalam mengatasi stres. Ia dapat mengenali tanda-tanda stres lebih awal sehingga mampu mengambil langkah untuk mengatasinya. Kita juga menjadi tetap tenang dan positif saat berada di bawah tekanan.
Self-management adalah keterampilan yang membutuhkan waktu dan kesabaran untuk mengembangkannya yang berasal dari proses memahami diri sendiri dan pengalaman hidup. Inilah alasan mengapa self-management merupakan keterampilan penting bagi setiap orang, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun untuk karir.